Pages

Friday, April 04, 2008

PORSENAF UNSOED ’08 : “Yours Colur is Our Pride”



Selama kurang lebih dua pekan ini kampus perjuangan Jendral Soedirman tampak meriah. Ada perhelatan yang sedang diadakan disana, PORSENAF ’08 , Pekan Olahraga dan Seni Antar Fakultas.

Hari ini tepatnya hari ke -8 PORSENAF ’08. Nta masih inget sms dari PR III yang meminta kesediaan nta untuk melaksanakan PORSENAF. Nta bingung, terus terang ini adalah sesuatu yang membingungkan. Mekanismenya saja sudah salah. Permasalahan organisasi mahasiswa di tingkatan universitas menjadikan masalah ini menjadi kabur.

Status nta waktu itu masih jadi sekretaris umum BEM UNSOED. Birokrat hingga detik itu belum mengakui adanya BEM U dengan berbagai alasan.

Nta diminta melaksanakan PORSENAF itu atas nama personal, bukan atas nama BEM U. Bersama mas Fauzan dan mas Surya. Kebetulan mas Fauzan itu dari FORMAKAF dan Surya dari FKUU.

Saat menerima permintaan itu, nta menyampaikannya kepada mas Begs (presiden BEM UNSOED). Dalam pikiran nta, kenapa tidak BEM saja yang menghandle acara ini. Nta rasa ini peluang, bukan sekedar peluang untuk mendapatkan legalitas, tapi juga peluang untuk melakukan ”kerja nyata” pada mahasiswa. Mas Begs waktu itu ngomong :” jangan buru-buru ambil keputusan, ada yang menarik, bisa jadi ini skenario”.

Nta bingung (sebenarnya sieh sok bingung aja..he3). Nta ngerti permasalahan antara BEM dan birokrat tapi nta gak setuju kalo digeneralisir kita menolak rapat ke birokrat. Kita kan organisasi intra kampus, bukan organisasi independen.

Sore itu langsung diadakan pleno BEM U (gak pleno sieh sebenarnya...soalnya yang dateng ya Cuma itu2 aja). Nta mencoba menwarkan PORSENAF pada BEM U, walaupun yang diminta oleh PR III adalah nta secara personal bukan BEM U. Tapi ternyata temen-temen BEM U menolak. Alasannya banyak...(nta gak inget banget), yang nta inget adalah bahwa BEM U menolak untuk merapat ke birokrat. Jujur, itu nta anggap sebagai awal mula nta mulai agak ”kontra” ke temen-temen BEM U. Apalagi ketika itu ada yang ngomonong ” ya...itu adalah ujian buat kita”. Deuh..jujur nta nggak habis pikir dengan jalan pikiran mereka yang ”cupu”.

Ya, kalo ini emang skenario, kita juga jangan selalu bermain dalam ”asumsi” donkz!!!, harusnya kita bisa juga melawan ”skenario”itu. Jujur, nta gk punya asumsi atau kepentingan apa-apa. Nta berbicara dan bersedia untuk menghandle PORSENAF atas nama nta sebagai mahasiswa dan orang yang sedikit punya sense of art. Nta masuk ke UNSOED bukan hanya ingin kliah tapi juga mengembangkan potensi, salah satunya minat dan bakat di bidang seni. Nta butuh wadah-wadah speerti PORSENAF untuk mengapresiasikan diri.

Yach...akhirnya ide nta untuk mengajak BEM U menghandle PORSENAF gak terealisaskan. Tapi nta jalan terus untuk melaksanakan PORSENAF ini.

Kalau ditanya siapa aja yang ada dibalik PORSENAF UNSOED. Bisa dihitung dengan jari. Yang inti sieh sebenarnya dua orang, nta n mas fauzan. Tentunya kemudian dibantu sama teman-teman lain dan panitia-panitia kecil di tingkatan UKM.

Dua puluh tujuh maret, pembukaan PORSENAF UNSOED ’08 dilaksanakan. Nta masih inget kata-kata mas Fauzan mengenai keyakinan aan berjalannya PORSENAF UNSOED. Lepas dari siapa itu fauzan....

Yeah..sekarang bisa dibilang kos-an kayak sekre PORSENAF, sekretarisnya nta n bendaharanya juga temen satu kos. Jadi kalo malem kita rapat sendiri.

Tapi nta bener-bener ngerasain bisa menyatu banget sama mahasiswa saat menjadi panitia porsenaf ini. Nta ngliat temen-temen yang tadinya terlihat ”apatis” kini mau turun demi membela nama almamaternya. Nta berfikir seandainya kita bisa merangkul danmengarahkan potensi temen-temen itu, gak ada lagi yang namanya demo ”krisis kader”. Yeah..pelan-pelan semua bisa ta!!!banyak sekali memang ujian dan cobaan. Yang penting cobalah bijak dengan melihat sesuatu dari banyak sudut pandang, kalo dulu kata pemateri di LKII berfikirlah secara lateral.

Perjuangan ini masih panjang, kerikil tajam masih banyak, tetap istiqomah dan perkuat azam. YAKUSA!!!



Title: PORSENAF UNSOED ’08 : “Yours Colur is Our Pride”; Written by Shinta ar-djahrie; Rating: 5 dari 5

No comments: