Pages

Friday, April 04, 2008

Om, Pakdhe, Mbah kami............... In Memoriam


Beliau putra keempat dari tujuh bersaudara. Aku memanggilnya pakdhe Udin karena papa merupakan adik dari beliau. Om dink, demikian para sanak saudara yang lain memanggilnya. Buat yang ada di generasi ketiga (Nta itu generasi kedua) Keluarga Besar Djahrie, memanggil beliau dengan sebutan ”Mbah Dink”.
Dua puluh Maret dua ribu delapan pukul 07.30 kemarin, pakdhe, om, dan kakek kami tercinta tutup usia di RS. St.Corelius (bener nggak tulisannya???nta lupa..........., pokokna yang di Salemba itu deh...).

Sosok pakdhe di mata nta adalah seorang yang ulet. Beliau adalah seorang workaholic, pekerja keras. Itu juga yang diakui oleh rekan-rekan sekantornya pada saat takziyah kemarin. Pakdhe adalah orang yang tak pernah absen kerja dengan alasan sakit. Nta juga masih ingat waktu itu, masih pagi-pagi betul pakdhe udah nyampe di rumah budhe Ti di Minyak Raya untuk urusan bisnis. Padahal pakdhe tinggal di kebun kopi, jaktim (eh tp waktu itu kl gk dr kebun kopi ya dari di Matraman rumahnya yang satu lagi).
Pesan yang selalu diberikan ke nta adalah ”Harus jadi orang....” (emang gw setan????he3). Ya...beberapa hal yang bisa diteladani adalah keuletan dan kegigihan beliau. Semua itu pakdhe lakukan untuk putra-putrinya tercinta. Tiga orang arjuna dan satu orang srikandi. Kasih sayang yang diberikan pada keempat permata-nya itu sungguh tiada terkira.

Mas Eko, putra sulungnya. Walaupun di usia yang seharusnya dia sudah menjadi sosok yang berdikari, masih terlihat bagaimana mas Eko belum bisa dipisahkan dari sang pakdhe. Bukan masalah manja, namun begitu kuatnya kasih sayang pakdhe kepada beliau. Kini, mas Eko harus sudah menjadi laki-laki dewasa, yang menggantikan pakdhe untuk mengayomi adik-adiknya.

Mas Kiki, sosok pendiam berkacamata tebal ini tak luput dari hujanan kasih sayang pakdhe. Nta tau persis bagaimana pakdhe sangat berusaha keras untuk pendidikan dan apa yang diinginkan oleh salah satu permata ini. Eh, mas Kiki ini juga orang yang asik diajak ngobrol walaupun keliatan pendiem banget. Yang nta inget banget tuh, disaat kita-kita lagi berenang, mas Kiki lah yang bersedia untuk menjadi penjaga barang-barang kita n jadi fotografer (kesannya jahat sieh...tp suer...mas Kiki itu baek banget, he3).


Mas Prinono
. Makhluk yang satu ini emang yang paling jarang nongol. Terlalu asyik dengan dunianya sendiri kali ya???!!! Maz yang satu ini jago design grafis, dulu pernah gawe di salah satu prodution house (duh...nta lagi-lagi lupa namanya). Eh, tp maz Prie ni orang yang asyik n agak ”bocor” he3. Keliatannya aja pendiem. Tp, sumpeh dah, kl udah ngobrol, diajak ”bocor” juga yuk mari.... Lebaran kemaren nggak dateng sieh!! Kalo lebaran sebelumnya sieh sempet dateng, malah kita sesama generasi kedua ngobrol di deket box wartel...inget nggak???malah sempet ngobrolin tentang laundry..yang ngocol abiz itu??? Yang mbak iwik malah ngomong ” Loe shin, kepala dikerudungin, mikirnya gituan juga...he3”. Inget nggak mas prie??? (Kalo udah lupa juga gpp, tp yang pasti nta masih inget raut canda tawa n renyahnya tawa kita ...)

Dhe Nita. Nie dia sepupuku dari pakdhe Udin yang gw sayang. Yach...secara dia tuh cewek sendiri diantara tiga kakak cowok-nya itu. Nta menaruh harapan besar sama dia. Kapan kita sharing2 lagi non??? Jaga diri ati-ati ya... Pokoknya..kita semua sayang kamu. Nta sayang semuanya.................mmuachh............!!!!!



Title: Om, Pakdhe, Mbah kami............... In Memoriam; Written by Shinta ar-djahrie; Rating: 5 dari 5

No comments: