Pages

Monday, December 11, 2006

Memory With Teksas (Anak Teater = Gila ???)

“pementasan ini merupakan perdana bagi kalian anak 06...dan tulus aku nilai, sukses berat!!!”
Begitu ucapan Mas Ale, sang leader Texas, saat kita udah di backstage seusai memainkan musikalisasi puisi “Waktu-Kini –Aku”
Fiuh....akhirnya sukses juga. Nta bersyukur banget bisa tampil optimal waktu itu. Nggak sia-sia deh dua minggu digojlok di lapangan basket sampe suara abis. Yups, tempo hari tepatnya Jumat malem, 1 Desember 06, Texas menjadi opening act untuk event pemutaran film “Davinci Code” di kampus PSBS tercinta. Emang sich film-nya basi....tapi diskusinya lumayan seru. Film adopsi dari novel Davinci Code karya Dan Brown ini memang sempat menjadi kontroversi. Nta sendiri udah nonton di rumah. Tapi, dulu sebelum Davinci Code ditayangkan perdana, nta udah liat behind the scene-nya waktu acara Book Fair dan diskusi di senayan. Seru sieh... (asal jangan jadi tugas mata kuliah book report aja......nonton n ngbrolinnya sieh seru..tapi kalo suruh buat summary-nya...hemh...ntar dulu deh..he..he..)
Tapi kali ini nta nggak pengen ngomongin Davinci Code ataupun Dan Brown-nya. Nta pengen cerita tentang pementasan musikalisasi puisi dari Texas, group teater kampus. Kangen juga nta sama dunia teater. Dulu waktu SMA sempet didaulat jadi ketua teater (cie....). Selepas SMA, karena lebih terjun ke dunia sinematografi yang backstage jadi agak kaku juga kalo mulai berteater lagi. Ke-kaku-an dan ke-kangen-an itulah yang memtuskan nta untuk bergabung di Texas (Teater Anak Sastra). Sempet nyeletuk juga ketika diminta ndaftar bahwa nta masuk ini cuma masuk aja, hanya sebagai wahana nta untuk meluapkan sense of art-nya nta. Makanya nta nggak pernah dateng rapat-rapatnya Texas. Yang nta tau kalo mo ada pementasan ataupun lomba-lomba. So,kemaren...mas Ryan (sesepun Texas) meminta nta untuk menawarkan diri sebagai poetry reader-nya (di teater jarang ada saling tunjuk...semua menawarkan diri).
Ohya sempet ada keheranan juga ketika nta masuk Texas. Miss Ika (best lecture), sempet menyatakan : Lho, kamu masuk teater? Backstage ya? Masa’ pake jilbab kayak kamu masuk maen teater?. Cuma nta jawab dengan senyuman dan berkata singkat : Why Not???. Yeah...mungkin fenomena yang diketahui orang kalo anak-anak teater itu “orang gila”. Gila dalam hal apa dulu nieh??? Sejauh ini nta menilai temen-temen teater bukan gila, mungkin lebih tepatnya “bebas”. Tapi, mereka tidak memaksakan kebebasan itu selayaknya sebuah doktrin yang dijejalkan dalam brainstorm. Mereka bahkan memiliki nilai penghormatan yang tinggi pada orang lain. Mereka bisa menghargai orang lain dan tidak langsung menjustice negatif or positif tentang suatu hal. Mereka cukup bijak untuk menggunakan sudut pandang lain dalam memberikan penilaian. Nyatanya sampai sekarang nta merasa enjoy2 aja. Nta di dunia teater memang belum bisa dibilang “lihai”. Namun, semenjak SMP nta sudah berkecimpung di dalamnya. Pak Ery, Pak Topo, Apito Laire, dan nama-nama teaterwan di Tegal sudah nta kenal sejak dulu. Dan nta sudah melihat sendiri bagaimana kehidupan mereka. Teater Q, Laire’s Dramatic, Duta Tarusima, dan lainnya (nta lupa namanya...he..he..). Bahkan mas Apito itu berteater-nya sudah sampe Jepang (bagi temen2 di dunia teater mungkin paham). Sampe nta didaulat jadi ketua teater di sekolah (emang sieh cm tingkat sekolah..tapi setidak2nya kan nta pernah menyumbangkan trophi..cie...mulai keluar deh sombongnya...istighfar2!!! ). Saat melanjutkan kehidupan (ehm...) di Jakarta pun....keseharian nta nggak bisa jauh dari para art worker itu. Seniman2 senen, temen2 di PPHUI, di TIM, wuih......they are is my best friend. Jujur nieh...nta kangen sama Meja Budaya sama mas Dony Anggoro dkk, sama Jose Rizal, sama bengkel deklamasi, sama obrolan2 dengan bang Remy ..wuih....i miss u all!!! (Bukan nta mendewa2kan Jakarta...tapi kenangan2 disana betul2 nggak bisa dilupakan...ceile....).
Back to Texas.....
Di perjalanan pulang saat abis pementasan kemaren, ada obrolan yang cukup berkesan bagi nta. Berawal dari pujian2 mas Bayu tentang performance kami (ehm....ehm...) dan sebuah ungkapan jujur dari dia bahwa kemampuan kami telah dapat mengembalikan semangat kakak2 angkatan. Kemudian diceritakan history-nya Teksas...wuih..ternyata cukup mengharu biru juga. Emang sebuah hal yang biasa bahwa dalam suatu organisasi ada naik turunnya semangat para anggota-nya. Tapi, cerita mas Bayu membuat nta semakin bersemangat untuk mengeksiskan Texas. Nta tau betul potensi temen2 Teksas, empat jempol deh. Kalo nggak percaya , dateng sendiri, jaminan mutu. Kita menerima panggilan untuk berbagai acara..pernikahan, khitanan, atupun, perceraian, dan kematian (lho kok jd promosi???garing deh!!!).
Apalagi mengingat pandangan tentang anak-anak teater. Jujur emang kakak2 di Teksas...bisa dibilang males sholat. Mas Bayu adalah salah satu yang beda...nta masih inget saat latihan dan sholat maghrib berdua dengan mas Bayu jadi imamnya. Mereka emang menghormati keyakinan kita, tapi akan lebih indah kan kalo misalnya kita bisa beribadah bareng. Tapi, kenyataan bahwa latihan akan terus jalan walau adzan berkumandang...itu adalah hal yang biasa. Yeah...memang itu semua kembali pada individu masing-masing. Jadi inget celetukan Miss.Ika :Berjilbab kayak nta kok ikut teater..... Itu adalah hal yang nta rasa nggak dewasa, nta rasa nggak ada hubungannya antara berjilbab dengan berteater. Disini nta dihormati..setidaknya mereka bisa memahami nta yang tetap berkauskaki walau harus pemanasan di lapangan dengan kaki terbuka. Atau sikap mereka yang paham akan nta dan sigap akan mematikan rokok atau berpindah tempat karena nta nggak suka asap rokok. So, seni tidak pilih kasih. Semua manusia punya rasa seni. Teater bukan cuma tempat anak2 berambut gondrong dan bercelana jeans belel. Ah...jujur nta lagi nggak fokus dengan apa yang nta tuliskan. Pokoknya itulah....he..he..he..
Yang pasti cerita mas Bayu..membuat nta semakin merasa perlu mengeksistensi diri di kampus. Banyak PR besar di kampus sastra. Disinilah nta bisa memberi warna pada kehidupan kampus.
Ah...detailnya ntar aja deh ya...next time.....

Buat temen2 Teksas : keep spirit!!!Buat ukhti2....jadikan nta tetap selalu sebagai “pasien”dakwah kalian...

..ohya...sbnrnya ada foto2nya..tp kok susah banget diupload ya???
Title: Memory With Teksas (Anak Teater = Gila ???); Written by Shinta ar-djahrie; Rating: 5 dari 5

No comments: