Pages

Friday, December 08, 2006

ADHE’ CHAYANK…….!!! (sebuah cerpen)

Guru tak datang, murid pun senang. Jam kosong walaupun merugikan tapi asyik juga kan? Itulah yang kini terjadi di kelas X.3 SMA Ora Et Labora.Ungkapan kegirangan anak-anak X.3 cukup menarik. Yupz, kelas yang unique ini emang udah terkenal banget di penjuru sekolah (cie….). Penghuni-penghuninya dari yang complicated sampe yang sophisticated ada di kelas yang berdampingan dengan warung soto Bu Mundor ini. Lihat saja Nono sang pujangga kelas yang mulai beraksi melantunkan puisinya. Walaupun jujur….puisi-puisinya selalu tak berbobot (gimana mau berbobot orang nulisnya di kertas tipis!), namun ia selalu berkata
“Itulah seni……apresiasinya selalu subyektif dan sangat..sangat relatif. Ada teori relativitas disini…….” Aduh Bo Capek Deh!!!
Lain lagi dengan dinding bagian belakang kelas X.3 yang udah full colour.Semua ada goresan-goresan dari tangan sang maestro, siapa lagi kalo bukan Ebit. Gambarnya macem-macem, dari yang aliran surealis nyampe yang abstrak. Tapi, Ebit kadang tak suka jika dikatakan lukisannya mengikukti suatu aliran.
“Aku benci keidentikan….aku adalah aku………”
Namun berdasarkan survey (cie…), kegiatan yang paling banyak diminati saat jam kosong seperti ini adalah NGGOSIP!!. Makanya rating acara infotainment tiap harinya pasti mengalami increase yang signifikan, karena nggosip ntu kini memang menjadi sebuah fenomena.
“Lagi ngapain Lan?’
“Eh loe Jo’, ini baca buku….” Jawab gadis hitam manis yang saat itu sedang asyik menamatkan diary Anne Frank.
“Rajin juga…..diary-nya Anne Frank ya?”
“He-eh…loe udah baca ya Jo?” Wulan terpaksa menutup bukunya. Sepertinya Jo sahabatnya itu ingin mengajaknya ngobrol banyak.
“ ehm…cuma tau resensi-nya donk sieh….tapi katanya bagus, jadi best seller kan?”
“Yupz, nggak nyangka juga ya..dari sebuah buku harian bisa menjadi sebuah buku yang mendunia”
“Nggak Cuma Anne Frank, di Indonesia pun ada contohnya. Gie, bahkan jadi film, dapet award di FFI pula!”
Wulan selalu ngrasa asyik kalo ngobrol dengan salah satu sahabatnya ini. Jo, dari kelas satu SMP hingga kini selalu jadi temen sekelasnya. Heran….jodoh kali!!
Karena sering bareng itulah, mereka jadi akrab. Wulan sering nyeletuk kalo dia tau perkembangan Jo dari tampang culun hingga keren abiz kayak sekarang. Dibandingkan dengan sekarang, Jo dulu emang jauh beda banget. Jo dulu adalah seorang cowok pemalu yang tidak populer. Bahkan ada temen sekelasnya yang nggak sadar kalo Jo satu kelas dengannya. Tapi kini, jangan salah, kalo ada anak SMA Ora Et Labora yang nggak kenal Jo, wuah..kebangetan deh! Gimana nggak naik daun, kalo Jo itu ketua PMR sekolah, dia juga andalan dari kepanitiaan event-ebent besar di sekolah. Nggak ada Jo nggak Rame!mungkin gitu slogan-nya. Posisi penting dalam kepanitiaan event sekolah pasti selalu ada nama Jo. Tampangnya emang nggak cakep-cakep banget. Yeah…setidaknya Wulan lebih memilih Adi sebagai bokin-nya daripada Jo yang udah dia kenal lama. Namun entah kenapa, cewek-cewek di SMA ini sudah menobatkan Jo dalam nominasi lima besar cowok keren. Heran…apa mereka sudah sakit mata??? He..he..he.. Emang sieh kulitnya yang kuning langsat dan tubuhnya yang jangkung cukup mempesona. Apalagi sorot mata nya yang menyiratkan sebuah kecerdasan. Satu lagi, Jo itu supel dan murah senyum. Hemh…mungkin ini yang dinamakan inner beauty…eh maksudnya inner handsome (bener nggak sieh istilahnya).
“Lan, pulang sekolah loe ada acara sama Adi ya?”
“Ehm…emang tiap pulang sekolah gue dianter sama dia, tapi hari ini kita nggak kemana-mana kok. Ada apa Jo?”
“Temenin gue donk…ke Pinkholic…”
“What?ngapain loe kesana? “pantes aja Wulan heran, nam yang tadi disebutkan jo adalah sebuah nama toko yang menjadi center acsesoris cewek…pokoknya girly banget deh!
“Ya cari pernak-pernik”
“Loe masih normal kan Jo?”
‘Maksud loe? Ya gue normal lah…lagian gue kesana buat cari gift buat Lala, lusa kan dia ultah . Usianya udah tujuh tahun lho Lan!
Obrolan selanjutnya seperti biasa, Jo selalu menceritakan tentang adik perempuannya yang semata wayang itu. Wulan tau banget kalo Jo sayang banget sama Lala. Makanya Jo juga memiliki pembawaan baik kepada semua orang specialy for girl. Nah, ketauan deh sekarang alasannya kenapa cewek-cewek satu sekolahan pada demen sama Jo. Wulan seringkali mengingatkan kalo Jo jangan terlalu baik ntar banyak yang ke-GR-an. Soalnya wulan sendiri yang jadi korban untuk selalu menyampaikan salam inilah, itulah buat Jo. Tapi terkadang asyik juga sieh…soalnya Jo tak segan-segan menghadiahkan sebagian coklat-coklat pemberian dari para penggemarnya itu…tentu saja setelah coklat itu disisihkan buat…..Dhe’ Lala.
***
Fiuh…capek banget hari ini. Wulan serta merta merebahkan tubuh penatnya ke atas pulau kapuk yang disayanginya itu. Matanya hampir terpejam saat bunyi berderit pintu kamar membuatnya terkesiap.
“Mbak Wulan………”
Ugh…si Oca ternyata…kirain siapa.
“Duh…kalo mau masuk ketok pintu dulu donk!”
“Ih…tadi Oca udah ketuk pintu, mbak Wulan aja yang nggak denger”
“Eh…ni anak dibilangin ngeyel ya….ada apaan sieh???” agak jengkel juga si Wulan sama Oca.
“Tadi ada telpon dari mas Adi, katanya kalo uah pulang suruh telpon”
“Udah gitu doank?”
“He-eh”
“Ya udah gih…sana keluar…pintunya ditutup lagi”
Oca menurut apa yang diperintahkan kakaknya itu. Gadis kecil itu cukup paham dengan tabiat Wulan yang suka kesel.. Wulan pun sebenarnya sayang sama Oca, tapi sudah jadi kebiasaannya kalo lagi capek, nggak bisa diajak kompromi. Makanya nggak ada yang berani ganggu dia kalo lagi kecapean. Tapi Oca Cuma anak kecil yang nggak ngerti apa-apa.
Wulan jadi inget sama cerita-cerita Jo tentang adiknya. Betapa senangnya denger cerita-cerita manis dari keakuran kakak beradik itu. Pasti Lala itu anaknya manis, ngegemesin, nurut, pinter, makanya Jo begitu sayang sama Lala. Ohya lusa, Lala ulang tahun, Jo ngundang Wulan bareng Adi buat dateng. Katanya sieh nggak ada pesta, Cuma syukuran kecil-kecilan aja kok, itupun Jo sendiri yang berinisiatif, makanya yang diundang juga temen-temen deket Jo. Tadi di Pinkholic….Jo beli penjepit warna pink yang imut banget. Ia minta bantuan Wulan buat pilihin. Ih….sebenarnya Wulan naksir juga tuh sama jepit rambut…he.. he…he…
Ah…..lamunan-lamunannya tentang Jo membuat ia terlelap. Tak lama dengkuran halus mengisi senja yang lembut. Wulan pun terlupa untuk nelpon Adi……
***
Sabtu sore itu seperti biasa, Adi mengajaknya jalan. Agenda minggu ini agak istimewa karena mo ke rumahnya Jo. Ohya, walaupun udah lama berteman dengan Jo, Wulan belum pernah sama sekali ke rumahnya. Rumah Jo termasuk jauh dari pusat kota. Wulan sendiri memang tak pernah bepergian jauh…kecuali jika bareng Adi. Ia memang nggak diperbolehkan bokap buat naik motor sendiri seperti kawan-kawannya yang lain. Biarlah papa yang antar jemput tiap hari, begitu papa bersikerasa dengan kebijakannya. Kini, posisi antar jemput pun sudah diisi oleh Adi tersayangnya.
“Adi emang tau rumah Jo?”
Pertanyaan wulan hanya dijawab dengan anggukan dan senyum manis oleh Adi yang saat itu sedang konsentrasi pada jalanan ibukota yang macet (udah tiap hari kaleee….!!!)
Yeah…gimana nggak tau rumah Jo, dulu Adi nggak pernah absen untuk ke rumah Jo sebelum jadian sama Wulan. Apalagi motivasinya kalo bukan buat pdkt sama Wulan. Wulan sendiri emang mengiyakan, hubungannya kini dengan Adi emang berkat kelihaian Jo sebagai makcomblang (disamping bahwa Wulan juga emang sebenernya sayang sieh…….
Boil Adi akhirnya berhenti di depan sebuah rumah sederhana. Rumah itu nggak gede, tapi asri banget..taman bunganya yang di depan membuat Wulan naksir pada pandangan pertama.
‘Woi…ayo masuk…lama amit sieh…keburu abis tuh makanannya”
Teriak Jo dari serambi rumahnya.
“Wah, Jo kalo udah abis mendingan kita balik aja deh” kelakar Adi yang dengan lembut menggamit lengan Wulan untuk masuk.
***
“Eh….La, liat tuh siapa yang dateng. Kak Wulan dan kak Adi. Ayo kasih salam…..” itu suara lembut Jo pada Lala.
Wulan cukup terhenti sejenak. Adegan di depannya membuat hatinya tersentuh. Jo, menggendong seorang gadis kecil yang manis…yang di usianya ketujuh kini, ia belum bisa berdiri. Wajah bulat Lala dihiasi senyum manis yang diselingi dengan ingus yang seolah tak pernah berhenti dari lubang hidungnya. Dari mulut mungilnya, keluar kata-kata cadel yang tak jelas terdengar-mungkin maksudnya menyapa teman-teman kakaknya-. Ya itulah Lala, adik Jo yang teramat disayanginya. Jo yang sangat sayang pada adik perempuannya yang menderita cacat mental, bahkan ayah ibunya sendiri tak mempedulikan Lala. Lala yang selalu diceritakan Jo dengan penuh semangat dan kebanggaan. Jo selalu bilang kalo Lala adalah cewek yang sangat disayanginya dan Jo sangat takut kehilangan Lala
Wulan tiba-tiba teringat Oca. Ia tiba-tiba merasa bersalah dengan sikapnya selama ini pada Oca. Ia jadi tiba-tiba ingin memeluk Oca. Namun kini yang ada di pelukannya adalah Lala yang tertawa girang……membuatnya terlihat semakin manis dengan sematan jepitan rambut pink………semanis kasih sayang Jo.




Speciallya for Jo and eks 2.3 smansagal!!! i miss u all
Title: ADHE’ CHAYANK…….!!! (sebuah cerpen); Written by Shinta ar-djahrie; Rating: 5 dari 5

2 comments:

Anonymous said...

Tulisan cerpen-cerpennya sangat bagus. Begitu mengalir. Tapi kalau boleh mengkritik, cerpennya nggak ada ruhnya. Terlalu picisan (maaf!).

Cuba buat cerpen yang punya pesan-pesan moral, politik, atau ideologi. Jangan terlalu ke-ABG-an banget.

Shinta ar-djahrie said...

he..he....thanks banget mas...
ini emang cerpen yang nta buat waktu zaman SMA.....
gak sengaja ketemu file-nya...
ya udah nta posting aja
ni cerpen dibuat 4 tahun yang lalu