Pages

Friday, October 31, 2008

Green ShortCourse for Youth Muslim 2008

Green ShortCourse for Youth Muslim 2008
“Learn and to Do (Belajar dan Berbuat) “
Purwokerto, 19-23 November 2008


Pemuda (termasuk mahasiswa didalamnya) merupakan pilar bangsa yang merupakan kaca ramal akan masa depan. Rangkaian peradaban tak akan terelakkan tanpa rekayasa peran-peran pemuda dari masa sekarang. Sistem pendidikan yang menimbulkan sebuah budaya yang rapuh dan rentan akan kontaminasi negatif perubahan zaman memerlukan penciptaan budaya tanding dengan pola-pola pendidikan yang tidak konservatif.

Membaca kebutuhan mahasiswa pada umumnya, bukan berarti semata mengikuti budaya yang mereka senangi dan lakoni. Kebutuhan akan stimulasi untuk berfikir lateral merupakan hakekat kebutuhan yang perlu segara terakomodir oleh motor-motor gerakan mahasiswa termasuk didalamnya HMI MPO. Inovasi pola pengkaderan -yang memiliki hakekat sebagai sebuah sistem pendidikan- sudah semestinya menjadi sebuah hal yang telah tertargetkan. Pengkaderan bukan sebuah warisan yang turun temurun tanpa adanya sentuhan-sentuhan kreatifitas kegiatan dan pemikiran. Latihan Kader I yang merupakan salah satu tahap pada pola pengkaderan HMI MPO, bukan sebuah “benda” yang sekedar menjadi pintu masuk bagi para calon kader. Paradigma “pintu masuk” pada Latihan Kader I , memerlukan pembenahan ulang supaya esensi dari “pengalaman pertama” seorang kader dapat lebih tersampaikan.

Manusia belajar dari apa yang ada di sekitarnya. Proses belajar setiap orang akan dipengaruhi lingkungan seperti apa yang ada di sekitarnya. Penciptaan suasana belajar adalah salah satu upaya untuk efektifitas proses pembelajaran. Memanfaatkan kondisi natural, alam dan masyarakat sekitar sebagai lingkungan belajar yang disinergiskan dengan pola-pola pembelajaran yang bersigat implementatif merupakan sebuah alternatif yang akan dilakukan dalam Green ShourtCourse for Youth Muslim 2008 (Latihan Kader I ). GreeSCYM ’08 mencoba menjadi alternatif pelatihan bagi mahasiswa muslim untuk dapat belajar lebih banyak tentang peran-peran seorang mahasiswa Islam baik dalam konteks pribadi, agama, negara. Sebuah event yang menjadi upaya kontemplasi dan sebuah reminder bagi mahasiswa muslim untuk bisa melakukan peranan-peranannya di masyarakat, baik masyarakat kampus dan atau masyarakat luas. Pola yang diberikan pada GreeSCYM diharapkan dapat sebagai sebuah pola belajar yang implentatif, kita belajar dan kita melakukan (Learn and to Do).

Dengan mencoba masuk pada lingkungan masyarakat petani ternak kambing desa Sikapat, Banyumas,-GreeSCYM yang juga bekerjasama dengan Tim Pendampingan Masyarakat MAFAZA, diharapkan dapat menjadi salah satu proses belajar yang efektif bagi para peserta. Peserta bukan hanya akan mengenal HMI MPO sebagai salah satu alat perjuangan namun juga akan lebih ditekankan bagaimana mengenal peranan-peranan mahasiswa Islam dan beberapa simulasi aplikasi keilmuan yang didapatkan.

Info lelbih lanjut hubungi : HMI MPO Komisariat Pertanian UNSOED, 0812 10 70 1423 (shinta)

Title: Green ShortCourse for Youth Muslim 2008; Written by Shinta ar-djahrie; Rating: 5 dari 5

No comments: