Pages

Thursday, November 16, 2006

SUKA DUKA 15 SANDERA



Mading kampus sastra Unsoed pagi itu lumayan riuh, banyak anak-anak 06. Tadinya nta kira ada pengumuman dosen-dosen yang minta cuti githcu…(ngasal!!!) tapi ternyata bukan. Keriuhan itu ternyata disebabkan postingan (aduh kok kayak di blog)..ehm…mungkin lebih tepat tampilan foto-foto waktu PROSA (Proses to Optimaze Student Ability) alias Ospek dan juga foto-foto waktu makrab.
“Wah….lecek banget kau Shin!!!” sialan dikata baju apa lecek. Tapi emang sieh beberapa foto nta terlihat culun and kucel banget apalagi foto yang pas makrab di Baturaden. Jujur nieh sebenarnya malu banget foto parno itu dimuat. Tadinya nta juga ogah posting di blog. Tapi, dibalik kekucel tampang nta di foto, ada cerita dan kenangan yang cukup berkesan saat makrab.
Siang yang terik di dua September 2006, beberap truk Dalmas membawa ratusan siswa baru menuju obyek wisata Baturaden. Yupz, setelah “menderita” dalam pemeloncoan, kini akhirnya kini tiba saatnya untuk santai-santai.
Rangkaian OSPEK yang bertajuk “PROSA” ntu emang dijadwalkan di Baturaden dengan nama acara MAKRAB-malam keakaraban-. Yang namanya malam keakraban udah nggak ada marah2an lagi….begitu kata kakak-kakak panitia.
Yeah…..emang seru kok acaranya.
Tibalah saatnya di puncak acara di malam keakraban. Ditengah suasana yang teramat sejuk sampe menggigil pisan….di lapanga depan sebuah villa tempat kita menginap, malam itu begitu riuh. Benar-benar full keceriaan deh!!!nggak usah nta ceritain, semuanya pasti udah tau.
Tiba-tiba ditengah keceriaan itu, terjadi sebuah insiden yang cukup membuat semua peserta makrab diam sejenak. Shitt…ternyata KOMDIS (Komisi Kedisiplinan) keluar dari sarang bagai macan lapar…dengan acting marah-marahnya. Kita cukup sebel…apalagi kalo inget janji panitia yang nggak ada bentak-bentakan lagi selama makrab. Keributan antara peserta dan KOMDIS pun tak terelakan, lumayan tegang (yeah…kuakui lihai juga yang buat skenario). Ending dari skenario itu adalah, KOMDIS meminta beberapa peserta makrab yang dianggap “bermasalah” untuk menuju lantai atas villa. Lima belas anak tertera dalam “black list”. Mereka adalah : Ragil, Bowo, Abe, Bayu, Sandy, Riza, Galih, Kurnia “Nardji”, (dua cowok lupa nam aslinya), Lia, Kadek, Unik, Dian, dan…..Nta!!!
Jujur…walaupun waktu ntu tau Cuma boong2an tapi cukup deg2an juga pas tau nta ada dalam “black list” . Pasalnya nta waktu itu bawa hp..sedangkan dalam salah satu peraturan makrab dilarang bawa hp. Tapi nta udah menyembunyikan dengan seaman mungkin. Yeah….akhirnya lima belas “sandra” itu dengan tatapan ratusan teman-teman peserta lain, digiring menuju lantai dua villa.
Sampai diatas kita disuruh duduk pada kursi yang telah ditata sedemikian rupa membentuk lingkaran 15 kursi “panas”. Ternyta setelah kita dibiarkan tegang selama beberapa menit, diungkapkanlah alasan kenapa kita semua dijadikan sandera. Kita berlima belas adalah kandidat ketua angkatan yang malam itu akan digojlok. Sempet ngedumel dalam hati sieh…ketika tau hal itu. Pinter juga kakak-kakak itu buat kita deg-degan. Udara baturaden yang begitu dingin (apalagi kalo malem…Brrr….) sampai nggak terasa (boong dink…he..he..dingin kok…Cuma beberapa saat terlupa sama dingin gara-gara takut ..he..he..)
So, selama semalam full, 15 sandera tidak bisa tidur. Kita digembleng dengan macem2 hal. Selama satu malam itu kegiatan kita adalah stretching, diskusi, dan debat. Macem2 topiknya. Kita dibimbing oleh lima (sebenernya banyak..tapi yang inti Cuma lima) senior…mas Supri (Presiden Hima Inggris), mas Benta (organisatoris), mbak Yunika (idem mas Supri), mas Ghayul (aktivis Pers Kampus), dan presiden HIMA Mandarin (nta lupa namanya…he…he…junipr yang nggak baik ya…). Wuah….pokoknya kita ber-15 itu benar-benar digembleng dan “dicekoki” dengan idealisme khas mahasiswa. Dalam semalam itu kita dikasih tahu segala hal, dari mulai “ayam kampus” sampai “birokrat kampus”…pokoknya dari A-Z lah …..
Sebenernya agak sedih juga harus disandera kayak gitu…jadi nggak bisa ngikut outbond, dan kegiatan seperti teman-teman lain. But, di balik bui penyanderaan, ada kisah manis disana. Mungkin karena kita merasa senasib, kita menjadi kompak. Kita memang diarahkan untuk menyatukan visi dan misi. Kita jadi kenal watak satu sama lain. Dan itu membuat kita semakin kompak karena kita saling mengisi satu sama lain. Nggak bakal lupa deh…debat-debat bareng temen-temen sesama sandera itu. Halo Bowo….yang selalu dengan gaya “rocker”nya…bayangin dia presentasi hasil diskusi masih dengan simbol-simbol “rocker”nya ….(gue demen gaya loe!!!)….Nggak lupa deh sama paduan suara “dengkuran” tidur sesaat para sandera cowok…..(waktu itu kebetulan sempet lampu mati dan dimanfaatkan buat bobo…tapi Cuma sebentar….)
Yang pasti….kita menjadi kompak…menjadi seperti bertanggungjawab pad kondisi PSBS…kampus sastra tercinta… Shinta inget tekad terakhir kita…bahwa siapapun yang terpilih jadi ketua angkatan…..kita semua tetep satu…untuk mengemban amanat dari temen2 06…..(cie….heroik banget ya???he..he..he..). Ohya sempet kelupaan, 15 sandera itu dipilih ternyata dari pengamatan selama OSPEK, kita merupakan anak-anak terpilih karena kekritisan lho (cie…narcis dikit gpp donk). Eh, Nta juga jadi peserta teraktif dan terkritis lho (he..he..kumat deh narcisnya…lumayan lho…dapetgift beberapa voucher makan and salon, :P )
Penyanderaan itu berakhir di pukul 10 pagi. Nggak selesai sampe disitu, karena dari hasil penggemblengan akan diambil tiga besar untuk melakukan kampanye. Dari penggemblengan itu ternyata menghasilkan hasil kognitif dengan nominal nilai. Dan tiga besar itu…secara urtadalah : 1.Nta, 2.Abe, 3.Dian. wuih….gila….nta kaget juga….(walau ini udah diprediksikan sebelumnya sama temen-temen). Maksudnya tanpa prepare apa-apa nta harus dihadapkan dengan situasi kampanye. Deuh…bayangin, nta dengan tampang kucel semaleman nggak bobo, belum mandi dua hari, harus kampanye di depan peserta makrab yang jumlahnya ratusan…juga senior-senior yang lain.
Emang nggak bisa nolak…akhirnya tiga sandera menduduki kursi panas. Panas…karena emang outdoor dan matahari tampakanya tak segan-segan menyinari muka bumi (cie…). Giliran pertama Dian, kedua Abe, dan ketiga Nta. Hemh……..nta nggak bisa kasih penilaian gimana kampanye nta..ntar dibilang narsis lagi!!(emang!!!he..he..). Yang pasti, session tanya jawab ketika giliran nta kampanye….tiga session habis terkuras!!!malah ada yang pengen nanya tapi nggak bisa….. Entahlah…tapi yang pasti waktu nta mengeluarkan jurus supaya nggak kepilih. Bukan apa-apa…nta ngrasa nta belum mampu buat mengemban amanah ini. Jabatan di beberapa organisasi yang belum sempet nta lepas di luar kampus…menjadikan nta berfikir lebih jauh tentang ketua angkatan itu. Dan…dalam setiap pemilihan…nta selalu berprinsip Ar-Rijaluqowamunnaala nisa ……nta lebih memilih cowok untu jadi pemimpin. Karena sudah fitrah bawa Laki-laki adalah pemimpin bagi wanita.
Singkat cerita, sesuai harapa nta…Abe-lah yang jadi ketua. Dalam penghitungan suara, Abe mendapat suara terbanyak…kedua Nta, dan ketiga Dian. Terimakasih buat teman-teman yang udah percaya sama kita bertiga dan nta khususnya. Tentunya tak mudah bagi kalian untuk menaruh pada kepercayaan kepada kita….aplagi kita baru beberapa hari kenal dalam OSPEK. Semoga kita yang dipercaya…dapat mengemban amanah denga baik.
Buat temen 15 sandera…sungguh kalian telah menorehkan kenangan manis di awal perjalananku di kampus sastra Unsoed. Abe, kini dia sohib deket…setiap hari ada aja yang kita diskusikan………..juga Dian dan yang lainnya……. Mungkin tahun depan gantian kita yang “menyandera”..he…he… he…. Mas Supri dan senior2 laen…..makasih banget udah mau mentransfer ilmu dan pengalamannya kepada kita semua (kantin sastra pasti seru tiap harinya dengan diskusi nta bareng mas cupi..)
Sebenernya banyak hal lain yang berkesan banget dan pengen nta ceritain…tapi nta ngetik ini udah malem…udah nganttukkk..jadi diposting seadanya aja. Masih banyak cerita seru…apalgi tentang PROSA..aku masih berpikir apa perlu men-upload foto-foto culun saat nta harus pake 10 roll di jilbab, dengan cup shower…dengan dot…foto nta saat dihukum karena telat dateng, foto nta bareng temen2 yang parno abiz!!! Yeah…liat aja nanti. Yang pasti Ayodya selalu penuh warna…penuh ceria…penuh segalanya (tapi nggak panuh doku nieh…he..he..he..) makanya pantengin teruzz cerita-cerita dari Ayodaya (ehem…ada yg lagi promo blog nieh!!).
Liburan akhir tahun nanti, nta pengen ke Jogja, mungkin bisa buat ajang ngumpul 15 sandera tuh. Tapi…nta takutnya malah di perjalanan debat macem2 malah nggak jadi rereshing deh…..



Grendeng, 16 November 2006…ditengah gerimis.
-nta-
--keep Allah in our heart—
Title: SUKA DUKA 15 SANDERA; Written by Shinta ar-djahrie; Rating: 5 dari 5

No comments: