Pages

Wednesday, March 07, 2007

Catatan Senja


Akan kuatkah kaki yang melangkah
Bila disapa duri yang menanti
Akan kaburkan mata yang menatap
Pada debu yang pastikan hinggap


sebait lirik dari nasyid The dzikr tiba-tiba teringat di senja ini.
beberapa kejadian di beberapa hari terakhir membuat kepalaku terasa pusing.

kenyataan yang baru kuketahui, yang membuat miris dan mual, membuat aku merasa sendiri. amanah yang semakin bertambah tak diiringi pengurangan kadar keapatisan membuat aku mudah merasa lelah.
mungkin benar kata Ali Syari'ati, seorang pemikir reformis Iran, manusia memiliki free will (kehendak bebas) yakni bebas memilih hendak berbuat dosa atau kebaikan. "Maka Allah mengilhamkan pada manusia jalan kejahatan dan ketakwaan." (QS Al Lail, 92:8). Toh, segalanya akan dipertanggungkan di hari akhir (the judgement day).


Semakin nyatanya perjuangan yang dihadapi serta tuntutan moral terhadap keadaan sekitar membuat aku semakin yakin untuk mesumbangsihkan diri ini untuk kemanusiaan.Jika dahulu Multatuli—seorang Belanda yang dianggap pembelot oleh bangsanya—tergerak melukiskan derita rakyat Banten ketika melihat seorang lelaki tua terkapar kelaparan, mungkin saat ini jika ia berumur panjang penanya akan gesit menari menceritakan fenomena yang sedang qhadapi.

tantangan untuk berkarya*pada event-event itu* mengingatkan nta akan prinsip hidup 'Life is do work"....semakin banyak peluang ku untuk mengkaryakan diri dalam berbagai rupa.............

sementara....kerapuhan fisik pun juga terkadang menjadi sedikit sandungan........

teman satu fikroh dengan satu pemahaman pun tak kunjung ditemui...

menjadi pilot project...
menjadi qudwah...
entah apalagi sebutannya.........itulah yang sedang aku rentas....

......................*asal jangan menjadi konyol saja*................

teringat akan sebuah pesan,
"itulah perjuangan dinda, kt hrs yakin dinda bahwa apa yang kita lakukan skrg akan kita tuai hasilnya kemudian...Apa yang kita lakukan tdk ada yang sia-sia dihadapan Tuhan...semoga dinda tetap istiqomah...."

atau sebuah pesan yang datang senja ini dari seorang sahabat di kota kelahiran,
".....setidaknya Nta istiqomah sudah menjadi nilai tersendiri di hadapan Allah. tentunya tidak akan sia-sia. suatu saat nanti nta dpt melubangi batu sekeras apapun dgn kegigihan beristiqomah.Kisah hidup nta bisa menjadi inspirasi indah untuk tulisan-tulisan nta........SEMANGAT!!!"



saat ini mungkin aku ada di kulminasi...aku ingin merefresh diri ini...untuk kembali mendongak dan menegakkan badan....masih panjang jalan perjuangan....masih banyak pengabdian yang harus aku lakukan (termasuk pada keluarga dengan kuliah yang bener...he..he...he...)




...tetaplah tersenyum pada dunia.... dunia menunggu kiprahmu.........
Title: Catatan Senja; Written by Shinta ar-djahrie; Rating: 5 dari 5

No comments: