Pages

Tuesday, February 27, 2007

Mengapa Juwono Sudarsono nge-Blog



Siapa menteri pertama yg punya blog? Jawabnya: Menhankam Juwono Sudarsono. Ini alamat blognya: http://juwonosudarsono.com.

Pertanyaan kedua, mengapa dia mesti punya blog? Bukankah tulisannya sudah dimuat di berbagai media nasional dan internasional dan namanya sudah terkenal? Dia tidak menjelaskan secara rinci, tapi dari biodata yg ada di blognya, penjelasannya sbb:

This site is primarily a weblog. It is a personal blog containing Juwono Sudarsono interest, views, opinions and activities. The day-to-day operations of this blog is assisted by one of his sons.

Dg kata lain, kalau publikasi / tulisannya di media atau buku secara langsung atau tidak akan terkait dan terikat dg jabatan akademis dan jabatan kenegaraannya, maka ia ingin memiliki ruang khusus untuk mengungkapkan opini pribadi yg tak dapat dilakukannya kecuali melalui blog.

Contohnya pada posting pertamanya 22 Mei lalu, dia mengungkapkan rasa bahagianya atas kelahiran cucu pertamanya, Lavanya Eliana. Dia menulis,

Sense of joy and great hope that this baby girl from Brenda and Yudhis will bring happiness, peace and love to all members of the family on both sides; that she brings to Brenda and Yudhis greater love, care and understanding for each other; that advances tolerance and compassion among all religious, ethnic and racial groups in our society and nation.


Tidak semua tulisannya berkaitan dg keluarga. Ada juga refleksi sosial-politiknya. Umpama seputar Pancasila berikut kutipannya soal Pancasila

My own feeling is that the rehashing of philosophical and values debates urgently need to be followed on by something more tangible on the ground. Inter-faith dialogues, including matters relating to "Islam-West relations", have had considerable play in many forums across the Middle East, North America, Europe and Asia.


Postingan seputar Pancasila ini memancing banyak komentar, sampai tulisan ini dibuat sudah ada 27 komentar. Boleh dikatakan blog Pak Juwono sebagai blog baru yg paling cepat populer.

Dari isi respons pembaca blognya yg begitu rame dan antuasiasme tinggi karena bisa "ngobrol" dg menteri, saya menarik beberapa kesimpulan mengapa langkah nge-blog Juwono mesti ditiru oleh para pejabat lain bukan hanya di kalangan menteri dan DPR tapi juga dirjen, diplomat sampai RT:

Dalam konteks hubungan rakyat-pemerintah:

1. Untuk mempersempit gap antara rakyat-pejabat dan menambah kesepahaman;
2. Untuk menunjukkan pada khalayak bahwa individu pemerintah itu manusia yg tidak hanya memikirkan diri sendiri tapi memang selalu berpikir dan berbuat untuk rakyat, dll.

Dalam konteks personal:

1. Menulis apa yg jadi obsesi dan pikiran akan membuat kita sedikit terlepas dari rutinitas kantor yg (mungkin) membosankan.
2. Menulis apa yg terpikir akan menunjukkan pada dunia dan pembaca bahwa pejabat itu juga manusia biasa yg juga sedikit banyak berbagi/memiliki kesamaan idealisme dan perasaan dg rakyatnya.
3. Ada anggapan di kalangan umum bahwa yg jadi pejabat itu orangnya "tidak pintar" karena cuma mikirin duit melulu. Blog bisa jadi sarana untuk menghilangkan kesan negatif itu, dll.
(dari kolom-mario.blogspot.com --tutorial blog-- )
Title: Mengapa Juwono Sudarsono nge-Blog; Written by Shinta ar-djahrie; Rating: 5 dari 5

No comments: