Pages

Thursday, February 16, 2012

SISTERHOOD



Saya punya teman cewek banyak, walaupun jarang sekali saya pergi bareng teman-teman. Diantara mereka, ada beberapa sudah saya anggap sebagai sahabat yang menyenangkan. Berteman dengan cowok memang juga menyenangkan karena bisa mengasah logika kita, tapi berkumpul bersama teman-teman cewek itu ada sisi seru yang nggak bisa dinafikan.. Dan..pagi ini aku ingin menyapa mereka , inilah dia :

Ika. Ini sahabatku yang paling nyolot. Teman menggila dan mengawur. Tapi dia sudah pulang ke haribaannya, di tanah Karawang tercinta. Semoga tenang di sisinya ya cuy… sisi nyokap lo maksudnya…hehehe. Orang sunda yang nggak bisa munafik untuk mencintai Jawa. Cewek cuek tapi sebenarnya jaimnya tinggi. 
*Nggak usah muna deh lo!*
. Dia orang yang asyik buat diajak temenan walaupun kalau kenal pertama pasti keliatan judes. Emang tuh bocah kadang songongnya ngaujubileh.. Tapi lepas dari itu, dia sebenarnya orang yang care sama orang lain. Kebersamaan saya dan Ika..wuaaah, banyak banget. Dari mulai sering jalan bareng, share banyak hal, bikin karya ilmiah bareng (walaupun kalah yeee..:p), kegiatan bareng di masjid sampe nyolot-nyolotan., kita berdua udah ngejalanin itu semua. Aku bisa marahan sama ika tapi nggak bisa lama. Kadang ngrasa puas aja gitu ngomel-ngomel ke dia dan dibales sama kenyolotan dia. Tapi, kita orang yang nggak butuh ngeluarin banyak energi untuk hal-hal nggak perlu. Kenangan yang paling bikin ketawa adalah tentang “karung gula di tempat wudhu”. Saya nggak ceritain detail kejadiannya disini, tapi yang pasti kita bakal ngakak kalo inget itu. Lepas dari masalah saling nyolotnya kita, saya selalu berharap dan berdoa yang terbaik buat dia. Keep strugle, sista. 
J


Mbak Titin. Bisa disebut sebagai teman kantor, karena kita memang setiap hari ketemu di GSG mafaza. Teman makan siang. Teman nonton. Teman cari makan. Teman ngopi juga. Pokoknya mbak titin itu adalah orang yang seru diajak buat ngariung dan cerita-cerita banyak hal. Kalo kata mbak titin : “ngobrol sama mbak Shinta tuh bisa lupa waktu, tiba-tiba udah jam pulang aja”.hehehe. Iyalah..aku kan tukang rumpi.hahahay. Oya, paling seru kalo ngobrolin drama korea sama mbak titin.. Ah, kita sama-sama punya mimpi siang bolong untuk bisa ngegaet aktor drama korea…hahahaha. Menurutku, mbak titin itu orang yang baik dan supel walaupun sebenarnya rada melankolis. Jangan sering-sering update status yang melo ya mbak…hahaha.

Iffa. Ini juga sahabatku yang kadang jadi teman menggila. Kita kenal dan dekat udah dari jaman putih-biru alias masa-masa SMP. Kita dipertemukan lewat PII… #eeeeaaaa. Kita nggak pernah satu sekolah ataupun kampus. Tapi ifa tau cowok siapa aja yang pernah aku taksir dari jaman SMP sampai sekarang.hahaha. Intensitas kita untuk share banyak hal lumayan banyak. Heemh.., dia teman cerita yang asyik walaupun ababilnya masih keliatan.hehe. Antara aku dan iffa mungkin punya karakter yang jauh beda, aktivitas kita juga nggak ada yang sama, kampus beda, organisasi beda, kerjaan beda, … tapi justru karena itulah saya merasa menjadi tahu banyak hal ketika bersama dia, begitu juga sebaliknya. Dari mulai cerita tentang gebetan sampe keluarga, kita enjoy untuk berbagi banyak hal. Karena bercerita dengannya aku sedikit melupakan sistematika khas organisasi, aku sejenak mengabaikan hal-hal yang berat, aku tak perlu mengingat banyak landasan teori untuk bisa ngobrol seru bareng dia. Selain itu, sahabat bukan orang harus selalu pro ya. Saya orang yang blak-blakan apalagi ke sahabat. Kalo itu nggak bagus, ya saya bilang nggak bagus. Masalah dia mo  ngejalanin atau nggak, itu sih udah bukan hak saya. Itu beberapa hal prinsip dalam komunikasi saya dan sahabat-sahabat ini.

Mbak Naning. Beliau adalah salah satu pemandu di LK2/intermediate training HMI yang pernah aku ikuti di Semarang. Bersama mbak naning aku jadi merasa punya kakak cewek. Sesuatu banget deh. Kalau sama mbak naning aku bisa diskusi banyak hal. Bisa dibayangkan betapa senangnya aku ketika tahu si mbak ditempatkan PNS di tegal dan kemudian menikah dengan mas Zaki yang juga senior di HMI dan guru di SMK 3 Tegal. Waaah.., aku jadi bisa sering-sering maen. Sekarng mbak nya sedang jadi bumil. Aku mo dapet keponakan, yeiy!! Semoga kalau anaknya cewek bisa jadi anak yang manis, pintar, solehah..pokoknya yang kayak saya deh..hahaha.

Mbak Leli Furaida. Ini mbak saya yang lainnya lagi. Senior di Mafaza, partner menggila juga. Jadi dulu kalau lagi sholat tarawih, kami selalu mengambil shaff pertama .., salah satu alasannya biar gampang nengok kebawah..hahahaha. Nggak ding, becanda. Tapi kami selalu membuat hal-hal konyol. Seperti taruhan dan tebakan siapa anak pesma yang bakal muncul di podium untuk membacakan pengumuman. Trus kalau imam sholatnya di jeda tarawih bilang “assholatu jamaah…”, kami serempak menjawab “oke tadz.. “. Hal-hal konyol lainnya juga banyak. Nggak keliatan kalo mbak leli sudah lebih dari setahun lalu punya suami. Semoga selalu dalam pelukan Allah Yang Maha Cool. J

Bu Syifa. Ini mungkin hampir mirip kayak pengganti ibu disini. Bu Syifa ini adalah : teman jalan pagi, teman belajar masak, teman diskusi parenting, teman ngobrol banyak hal, oya..dan beliau adalah entrepreneur yang keren abiz. Pemilik toko busana muslim di bilangan kota Purwokerto. Memang keluarga pengusaha, jadi nggak salah kalau saya juga belajar bisnis ke beliau..dan juga belajar masak..hehe. Khas ibu-ibu, saya juga sering merasakan kecerewatan beliau.hehe. Tapi, dimaklumi aja, saya mungkin nanti kalau sudah jadi ibu-ibu juga cerewet. :p . Hal yang saya kagum lagi dari bu Syifa sekeluarga adalah kesederhanaannya. Saya belajar banyak hal dari bu Syifa sekeluarga termasuk ayah beliau, pak Ahmad Baasyir. Orang yang berwawasan luas. Tapi disini saya tak ingin bercerita banyak tentang pak Ahmad, kan tema-nya lagi tentang “the girls”..hehehe.

Ardina. Mantan aktivis pers mahasiswa yang cengok ketika pulang ke kampung halaman.hahaha. Cakeb alias cah kebumen yang selalu punya stok energi yang luar biasa. Teman jalan dan diskusi yang seru, tapi kalau karaokean kayaknya lebih baek diem din..hehehe. *piss*. Seru kalo satu team bareng ardina di kepanitiaan karena dia selalu punya semangat yang luar biasa. Semoga yang terbaik selalu dan selalu engkau dapatkan, din. YAKUSA..hehehe.

Tanpa sadar, mereka, sahabat-sahabatku yang luar biasa ini memang semuanya kutemui kalau tidak di Masjid Fatimah , PII atau HMI. Bu Syifa, Ika, mbak titin, mbak leli dan ardina semua kukenal di mafaza. Ika, Ifa, Ardina juga semua anak PII. Mbak Naning dan mba leli itu juga ikut  HMI. Tiga ruang belajar itu memang memiliki peran yang tidak kecil dalam perjalanan hidupku. Aku mengenal dan belajar tentang kehidupan banyak ditemani oleh tiga ruang itu. Sedikit banyak mereka juga mengenalku lebih dari teman-temanku yang lain. Kalaupun aku punya sahabat cowok, apa yang mereka tahu tak lebih dari sahabat-sahabat cewekku ini. Tapi memang teman-teman cowokku lebih banyak daripada teman cewek. Kalau lagi ke Tegal, yang kerumah juga kebanyakan teman cowok. Kalau lagi diskusi, kebanyakan juga menghubungi teman cowo. Makan, ngopi, dan diskusi, memang saya punya banyak partner dari kalangan kaum adam. Hal yang bisa dilakukan juga dengan sahabat cewek, tapi sahabat-sahabat cowok kan nggak bisa diajak ngecengin aktor korea..nggak seru.hehehe.
 Tadi nggak sengaja nemu photo-photo yang ada aku,ika, dan ardina. This is it.. :
Photo udah lama, 2tahun yg lalu..bahkan lebih. 
Kalo photo yang laen, entah dimana.., tapi ada juga yang bareng bu Syifa, cekidot : 
Bu Syifa itu yang kedua dari kanan. 
Jumat Mubarak, di kosan.

C’est la vie.

#siang ini baru tersadar ada beberapa “adik” perempuan yang sempat saya cuekin sms-nya dari kemarin. Dari mulai adik angkatan di kampus yang menanyakan bahan penelitian hingga adik di mafaza yang sedang liburan di kampung halaman. Saya sudah balesin sebagian ya, yang lagi pada liburan semester..,semoga mendapat liburan yang berkesan.. GBU all ^_^ . 

Title: SISTERHOOD; Written by Shinta ar-djahrie; Rating: 5 dari 5

No comments: