Pages

Friday, January 23, 2009

Iklan PKS : Keren euy!!!!


Surprise banget waktu pertama kali liat iklannya PKS. Keren coy!! Dengan dibuat singkatan2 yang oke punya, yang merupakan usaha untuk menunjukkan bahwa PKS bisa untuk semua kalangan masyarakat.

Kreatif..itu satu komentar pertama yang keluar. Dunia advertising emang dunia yang mengasyikkan. Pemilu 2009 yang semakin dekat ternyata menjadi “order” tersendiri buat para tim kreatif dunia iklan. Bintang iklan Sutrisno Bachir dengan slogan yang sekrang sudah memasyarakat “ Hidup adalah perjuangan”, Demokrat dengan “tiga kali-nya” (walaupun ini agak kurang cerdas dikir), Golkar yang minimalis (alesannya, lebih memperhitungkan strategi promosi-nya), Gerindra dengan “Tidar”nya yang selalu berkarya, Prwbowo dengan HKTI-nya, dan lain sebagainya.

Iklan PKS kali ini lebih “renyah”, ngepop banget, kyaknya emang pengen mengarah pada kalangan muda…. Dari mulai PKS sebagai partainya Kyai dan Santri sampe Partai Kita Semua dan juga Palestina Kita Sayangi, semua terangkul. Walaupun saya belum melihat kaum-kaum minoritas atau beberapa yang termarginalisasikan dalamm masyarakat yang bisa diajak serta dalam iklan ini. Misal nieh… para PSK, para pekerja malam. Para akademisi juga belum diaja (misal ada profesor-nya..dll).

Yeah…salut pada iklan ini lepas dari masalah dukungan politik. Kalo masalah realisasi partai tersebut, let’s see…!!!he3. Itu bukan wewenang saya. He3. Yang namanya iklan ya tetep iklan. Saya berharap semoga para “penikmat” iklan di Indonesia sudah cerdas, jadi bisa mencerna iklan dengan baik. Kalo di iklan, semua juga nampak hebat. Obat sakit kepala di iklan semua bisa menyembuhkan sakit dalam waktu kurang dari satu menit, pelembab wajah bisa bikin kulit putih dalam waktu kurang dari lima menit. Itu di iklan!!! Tapi dalam dunia nyata…ya itu nggak ada. Sakit kepala ya butuh waktu minimal 1-3 hari untuk sembuh. Nah, apalagi partai yang mo bangun negara!!! So, ketika kita mo pakai obat sakit kepala, bukan karena alesan bintang iklannya keren or iklannya ciamik... tapi karena obatnya cocok nggak sama tubuh kita. Gitu juga dengan partai, bukan karena iklannya yang keren, tp sreg nggak pemikiran qta sama tuh partai, tul nggak? Lagian yang bikin iklan obat sakit kepala bln tentu udah pernah coba tuh obat, para kreator iklan partai jg blm pasti kader partai tersebut.he3.

Justru disini kita akan melihat iklan shampo or kosmetik lebih mencerdaskan daripada partai iklan. Misal nieh…sebuah produk shampo menjanjikan berkurangnya rambut patah dalam jangka waktu tertentu..misal satu bulan, dengan syarat : penggunaan teratur. Nah, saya pikir ide cerdas juga ketika ada partai dengan iklan akan memberantas korupsi dengan ide konkrit dan target waktu. Misal, partai X punya “formula” pemberantas korupsi dalam waktu 10tahun, makanya butuh dukungan masyarakat untuk dua kali nyoblos tuh partai dalam dua kali pemilu. Jadi bener2 tawaran solusi..bukan sekedar janji!!

Yeah…dunia iklan dunia yang menarik. Nta pengen suatu saat bisa dapet kesempatan untuk berkarya di dunia advertising!!(he3…ngarep!!!lulus aja lm pasti!!wuayo…pokoke keep spirit!YAKUSA!)
Title: Iklan PKS : Keren euy!!!!; Written by Shinta ar-djahrie; Rating: 5 dari 5

No comments: