Pages

Thursday, July 11, 2013

Cookies Kurma Corn flake

Singkat cerita, jelang Ramadhan ini saya lagi pengen bikin kue. Ya, pengen aja. Seneng aja rasanya, jika tiap hari berhadapan dengan pekerjaan kemudian dapat refreshing untuk “akrobat” di dapur. Saya cari ide kue yang simple dan banyak orang suka. Ngobrol-ngobrol ringan sama ponakan, akhirnya memutuskan bikin cookies aja.hehe. Rencana awal saya ingin membuat cookies dengan aroma dan rasa kopi. Tapi karena saya sendiri agak khawatir dengan kadar kopi yang terlalu banyak, maka jadilah cookies siram coklat almond saja. Itu saya buat saat pulang ke Tegal. Dari hasil masak tersebut, jadilah tiga toples kecil. Satu untuk di rumah dan satu dibawa ke kantor. Ternyata satu toples yang ada di kantor langsung ludes tanpa sisa dan semua bilang enak. Karena ada yang tidak kebagian, saya jadi berniat untuk “beraksi” lagi, sekalian bikin kue ucapan menyambut ramadhan. Yak, karena bikin kue lebaran terlalu mainstream jadi saya buat sebelum bulan puasa saja..hehe. Kebetulan juga saat saya maen ke sekre masjid Fatimah, ada “tumpukan” kurma, saya meminta satu bungkus besar dan jadi kepikiran untuk membuat cookies kurma. Saya membuat cookies kurma saat nginap di tempat teman, saya kerjakan ba’da Isya sampai dini hari. lembur. hehe. Tapi sekali lagi, saya excited karena mungkin seperti mendapat hiburan dari jenuhnya bekerja.hehe. Berikut saya tuliskan resep serta budget membuat cookies kurma cornflake ini. 

Bahan :
Tepung terigu rendah protein 1000gram
Telur (dipakai kuningnya saja) 500gram
Gula halus  400gram (atau sesuai selera. saya sendiri tidak suka yang terlalu manis)
Cream chesse  250gram (juga sesuai selera saja, jika ada yang tidak suka bisa dikurangi)
Margarine 500gram (saya mencampurnya juga dengan room butter, tapi tidak dicampur juga tidak apa-apa)
Susu bubuk fullcream 100gram
Baking powder
Dark Chocolate 250gram
White Chocolate 250gram
Kurma (dipilih yang kurma agak kering) dipotong kecil-kecil
Corn flake  

Cara membuat :
1. Masukan kuning telur, margarine, room butter, gula halus, cream cheese , kemudian kocok sampai lembut. Setelah itu bisa masukan kurma.
2. Tepung diayak bersama baking powder kemudian dicampur dengan baking powder.
3. Campur tepung kedalam bahan (1) yang sudah dikocok. Kemudian uleni adonan sampai kalis. Karena ini adonan cookies jadi sekering mungkin. Jika ingin menambahkan perenyah, bisa juga dicampurkan ke adonan.
4. Panaskan oven, dan siapkan Loyang yang telah diolesi margarine tipis-ipis.
5. Bentuk adonan ke dalam bulatan kecil-kecil, kemudian ditekan-tekan dengan jari, dan tata diatas laying, kemudian panggang selama kurang lebih 30menit.
6. Setelah matang, siram dengan Dark Chocolate yang telah dicairkan, tambahkan cornflakes. Bergantian dengan white chocolate atau sesuai selera.
7. Tunggu coklatnya kering, dan siap untuk disantap. Perpaduan rasa kurma, coklat, cornflakes, menjadikan rasa cookies ini cukup unik..:)
Untuk satu kilogram ini bisa dibuat untuk sekitar enam-tujuh toples sedang (yang biasa dipake untuk kue-kue lebaran). Itu kalau “sempurna” semuanya. Saya kebetulan mengemasnya kedalam kemasan kotak mika kecil (isi enam) dan kotak mika sedang dan isi lima belas keping cookies. Kemarin bisa sampai 25kemasan kecil dan 5 kemasan sedang, juga masih menyisakan sekitar satu toples ukuran sedang.
Berikut akan saya tuliskan budget untuk membuat cookies. Ini harga yang saya dapatkan dengan belanja di salah satu supermarket bahanpangan di Purwokerto. Saat saya di Tegal, saya belanja di pasar tradisional, tentu ada beberapa selisih harga. Saran saya, jika memang sempat dan paham, mending ke pasar tradisional saja, tapi jika ingin praktis bisa ke supermarket / toko bahanpangan. Di Purwokerto yang terlengkap ada di INTISARI.  Dan inilah itu,

Tepung terigu  Kunci Biru  1kg                      : Rp 8.400,00
Cream cheese CALF                                      : Rp 7.325,00 / ons
 Gula Halus (merk TITIAN)                           : Rp 6.500,00/ 500gr (kemasannya 500gram)
Telur                                                                : Rp 9.900,00 / 500gram
Margarine (eceran)                                          : Rp 3.700,00/ 250gr
Room butter                                                    : Rp 9.750,00/250gr (tidak pakai roombuter gpp)
Susu bubuk fullcream                                     : Rp 7.000,00 / ons
Baking Powder                                               : Rp 1.100,00 / 50gr
Dark Chocolate Collata                                  : Rp 14.550,00 / 250gram (kemasannya 250gr)
White Chocolate Collata                                 : Rp 14.900,00 / 250gram (kemasannya 250gr)
Corn flake                                                       : Rp  6.500,00 / ons

Untuk harga kurma, terus terang saya tidak paham. Bisa cek sendiri di pasar. Kemarin kan saya dapat kurma gratisan dari masjid.hehe.

Nah, jadi total anggaran yang dikeluarkan untuk membuat satu kilo cookies kurma ini sekitar Rp 89.625,00 kita sudah bisa membuat sekitar satu kilogram cookies kurma. Tentu saja, tidak semua bahan diatas digunakan. Kalau untuk selingan saja, bisa bikin ukuran 300 atau 500gram saja. Takaran bahan lain sila menyesuaikan. Kalau untuk dibisniskan, satu kilogram bisa jadi 6 toples, pertoplesnya bisa dihargai 20-30ribu sepertinya. Entahlah, saya termasuk orang yang kurang telaten dalam hal bisnis seperti itu.hehe.

Harus diakui, saya memang bukan orang yang sering masak, saya bukan orang yang intim dengan dapur, tapi itu semua tak bisa menafikan kesukaanku pada dunia masak-memasak. Kalo dibilang jago banget, sih nggak. Tapi saya bukan orang yang tabu untuk  terjun belanja ke pasar dan mengujicoba berbagai resep di dapur. Memasak apa saja. Dan so far, para penyantap hasil masakanku, memberi nilai “not bad”. hehe.

Oke, demikian saja postingan saya kali ini. Kapan-kapan bisa posting di tema serupa. Seru juga masak-memasak dan membagi pengalamannya kepada orang lain. Selamat mencoba. J


Title: Cookies Kurma Corn flake ; Written by Shinta ar-djahrie; Rating: 5 dari 5

No comments: