Pages

Friday, October 31, 2008

Selamat Buat Pak Ikmal!!


Selamat kami ucapkan pada H.Ikmal Jaya dan Habib Ali Zaenal Abidin yang telah memenangkan suara pada Pilwalkot Tegal, 26 Oktober 2009. Semoga kota Tegal akan menjadi lebih baik. Amien. HIDUP TEGAL!!!

Hasil lengkap mengenai Pilkada tegal bisa dilihat di http://pilkadategal2008.com
Karena nggak sempat meliput, ini saya kutipkan beritanya saja dari harian Suar Merdeka edisi 26 oktober 2008
Ikmal Jaya Unggul di Pilkada Kota Tegal

Tegal, CyberNews. Wajah calon Wali Kota Tegal Ikmal Jaya SE Ak langsung sumringah ketika mengetahui hasil perolehan suara yang mana ia unggul dalam pemilihan kepala daerah yang berlangsung Minggu (26/10). Pengusaha bus itu bahkan beberapa kali mengucapkan syukur kepada Allah SWT. Sejumlah warga yang kebetulan ikut memantau perhitungan suara di TPS 20 Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat langsung berebut mendekat untuk memberikan ucapan selamat.

Ikmal yang kebetulan duduk di barisan depan dengan didampingi kakaknya AKP Warsidin langsung berdiri dan menyambut dengan ramah. "Saya sudah memperkirakan akan menang, dan saya terima kasih atas dukungan yang diberikan warga," katanya.

Bahkan, ia yakin target perolehan suara mencapai 70 persen bisa tercapai. Ikmal mengaku, kemenangnya juga tidak lepas dari kerja keras para tim sukses yang selama ini bekerja secara solid. Selama ini setiap melaksanakan kampanye, Ikmal bersama pasangannya Habib Ali Zaenal Abidin menyatakan siap akan melakukan sejumlsh terobosan baru demi kesejahteraan masyarakat, khususnya wong cilik.

Antara lain, mengusahakan biaya rawat inap gratis di seluruh puskesmas, memberikan jaminan asuransi bagi warga yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) dan mengupayakan air PDAM bisa mengalir di seluruh wilayah yang selama ini belum mendapatkan jatah.

Ikmal mengatakan, selain itu juga akan menggratiskan pendidikan hingga 12 tahun atau mulai SD hingga SMA. "Apabila terpilih kami juga siap melakukan pemerataan pembangunan, sehingga tidak terfokus pada wilayah perkotaan, dan kami siap menyejahterakan wong cilik," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan berupaya melakukan perbaikan gizi masyarakat dan memberikan pelayanan publik secara terukur, tepat waktu dan murah. Untuk meningkatkan kesejahteraan akan memperkuat ekonomi masyarakat yang berbasis pada industri kecil, menengah dan koperasi. Oleh karena itu, dukungan penuh dari masyarakat sangat diharapkan demi mewujudkan Gerbang Mas Kota Bahari.

Golput di bawah 37%

Sementara itu pemilihan wali kota dan wakil wali kota Tegal yang berlangsung Minggu (26/10), mengalami perkembangan menarik dalam kaca mata Komisi Pemilihan Umum setempat. Karena dari partisipasi warga untuk memilih atau datang ke 359 TPS yang tersebar di 27 kelurahan di empat kecamatan, mengalami kenaikan. Demikian juga untuk golongan putih (golput), atau warga yang tidak datang ke TPS alias tidak memilih mengalami pengurangan.

Divisi Pendidikan Informasi dan Kajian Pengembangan Pemilu KPU Kota Tegal, Andi Kustomo mengatakan, perkiraan sementara ada kenaikan jumlah pemilih atau partisipasi warga dan golputnya dipastikan turun. ''Saya belum bisa memastikan angkanya. Yang jelas angka partisipasi warga atau pemilih melebihi 63%. Di atas yang terjadi saat pilgub. Demikian juga golput kurang dari 37%. Angka pastinya, nanti setelah penghitungan manual yang dilakukan KPU selesai sekitar seminggu setelah pencoblosan,'' papar dia, Minggu (26/10).

Andi mengungkapkan, di Kota Tegal memang ada indikasi kemunculan ''golput permanen''. Golongan dimaksud, kata dia, adalah para pekerja yang memiliki KTP Kota Tegal, namun saat pencoblosan masih berada di luar kota. Dia menyebut seperti kalangan pembantu rumah tangga, pelayan warteg. Juga kalangan nahkoda dan ABK kapal ikan yang saat pencoblosan tengah mencari ikan di laut.

Sejauh pemantauan Suara Merdeka CyberNews di sejumlah TPS, jumlah golput memang cukup beragam. Itu bisa dilihat dari jumlah kehadiran mereka di TPS yang cukup banyak. Contohnya di TPS 24 Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur. Dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 270 orang, tidak hadir alias golput mencapai 100 orang. Suara sah 61 dan tidak sah hanya sembilan. Demikian juga di TPS 11 Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, DPT (542), hadir (354), golput (174). Meski ada kondisi seperti itu, dia sangat bersyukur partisipasi warga dalam pilwalkot sangat baik. Karena jumlah pemilihnya lebih banyak dibanding saat pilgub 22 Juni lalu.

(Wawan Hudiyanto /CN05)
Title: Selamat Buat Pak Ikmal!!; Written by Shinta ar-djahrie; Rating: 5 dari 5

No comments: